Rabu, 19 Desember 2012

Contoh Pelaksanaan Demokrasi

Pemilu bukanlah satu-satunya ajang demokrasi. Pelaksanaan demokrasi mencakup segala aspek mulai dari pemerintahan, politik, perekonomian dan yang laiinya. Beberapa contoh pelaksaksanaan yang berdasarkan demokrasi adalah:
1.      Demokrasi dalam pemerintahan
Sesuai makna demokrasi yang umum, pemerintahan yang demokratis dijalankan oleh rakyat yang terpilih melalui pemilihan umum yang bertujuan untuk kepentingan rakyat. Melalui pemilu rakyat memilih pemimpinya. Di Indonesia telah delapan kali mengadakan pemilu untuk memilih presidennya. Yang diharapkan melui pemilu tersebut Indonesia menjadi negara yang demokratis
2.      Demokrasi dalam sistem politik
Sistem politik juga dapat menggunakan demokrasi. Dalam sistem politik keputusan didasarkan keputusan mayoritas. Semua orang berhak mengikuti partai politik manapun dan memilih partai politik manapun. Tidak ada paksaan untuk memilih dalam sistem politik.
3.      Demokrasi dalam sistem perekonomian
Sistem perekonominan di Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang diharapkan dapat membangun demokrasi dalam perekonomian Indonesia untuk mensejahterakan rakyatnya. Semua rakyat juga pemerintah, baik dari rakyat golongan ekonomi lemah hingga pengusaha bebas melakukan kegiatan ekonomi untuk kemakmuran bersama. Dan negara juga turut berperan dalam perekonomian sehingga terjalin kerjasama diantara rakyat dan semua masyarakat.
4.      Budaya demokrasi
Budaya demokrasi diartikan sebagai pola pikir dan sikap warganya yang sesuai dengan nilai-nilai demokrasi yang berakar pada kesejahteraan bersama. Kekuasaan tertinggi pun diletakkan ditangan rakyat. Keputusannya juga berdasarkan rakyat, karena dalam negara demokrasi, rakyat memegang peranan yang sangat penting untuk kemajuan negara.