Selasa, 18 Desember 2012

Definisi Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli



1.    Arthur S. Reber (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
a.    Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
b.    Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
c.    Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
d.   Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
e.    Penyenggaraan pendidikan keguruan
2.    Barlow (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi pendidikan adalah “a body of knowledge grounded in psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning more effectively in teaching learning process”. (Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif).
3.    Tardif (Syah, 1997 / hal. 13)
Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
4.    Witherington (Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13)
Psikologi pendidikan sebagai “ A systematic study of process and factors involved in the education of human being”. (Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia).
5.    Muhibin Syah (2002)
Psikologi Pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.
6.    Ellio, dkk (1999)
“Education of Pshycology is the aplication of phsycology to the study of development, learning, motivation, instruction, and related issues”.
7.    Ensiklopedia Amerika
Psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.


0 komentar:

Posting Komentar