1.
Arthur S.
Reber (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi pendidikan
adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan
masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
a. Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
b. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
c. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
d. Sosialisasi proses-proses dan interaksi
proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
e.
Penyenggaraan
pendidikan keguruan
2.
Barlow
(Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi pendidikan
adalah “a body of knowledge grounded in
psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in
functioning more effectively in teaching learning process”. (Psikologi
pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang
menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan
tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif).
3.
Tardif
(Syah, 1997 / hal. 13)
Psikologi pendidikan
adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan
tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
4.
Witherington
(Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13)
Psikologi pendidikan
sebagai “ A systematic study of process
and factors involved in the education of human being”. (Psikologi
pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang
berhubungan dengan pendidikan manusia).
5.
Muhibin Syah (2002)
Psikologi Pendidikan adalah sebuah disiplin
psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia
pendidikan.
6.
Ellio, dkk (1999)
“Education
of Pshycology is the aplication of phsycology to the study of development,
learning, motivation, instruction, and related issues”.
7.
Ensiklopedia Amerika
Psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih
berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan
menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar