Selasa, 18 Desember 2012

Dasar Pendidikan di Indonesia

Pendidikan sebagai usaha memanusiakan manusia yang dalam pelaksanaannya  tidak terlepas dari pandangan hidup bangsa. Di Indonesia pendidikan berakar pada pancasila. Di dalam pancasila ini terdapat kajian filsafat berupa kajian metafisika, kajian epistemologi dan kajian aksiologi. Kajian tersebut tidak terlepas dari 5 sila yang terdapat dalam pancasila. 

Tujuan pendidikan di Indonesia tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdasakan kehidupan bangsa, dan tujuan terserbut didasarkan pancasila  agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dipahami dan dihayati. Isi atau materi pendidikan yang dipahami dan dihayati akan membawa anak didik mengalami nilai-nilai kemanusiaan, menghargai, dan meyakini, sehingga anak didik membangun nilai-nilai kemanusiaan tersebut ke dalam kepribadiaannya.

Agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik sebagai guru/calon guru sebaiknya tidak hanya sekedar memberikan anak pemahaman mengenai nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila saja. Namun guru juga perlu memberikan contoh pengaplikasiaannya dalam kehidupan nyata. Selain itu, guru juga dapat memotivasi siswa dalam membantu anak memperkuat hati nuraninya, sehingga nilai-nilai positif sudah mulai tertanam sejak dini dan kelak menjadi manusia yang berkepribadian.


0 komentar:

Posting Komentar