Selasa, 18 Desember 2012

Makalah Batik Banten


Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang telah diwariskan selama berabad-abad. Batik Indonesia pun telah mendapat pengakuan dan hak paten dari UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Di Indonesia terdapat berbagai corak batik sesuai dengan kekhasan wilayah masing-masing. Salah satu corak batik Indonesia berasal dari wilayah banten atau yang dikenal dengan sebutan batik banten.
Batik banten adalah batik yang berasal dari Provinsi Banten. Pada masa lalu banten merupakan pusat kerajaan pemerintah islam Kesultanan Banten yang telah mewarisi berbagai benda-benda kuno yang mempunyai ragam khas dan unik. Dari peninggalan tersebut masyarakat banten terinspirasi untuk membuat batik khas dengan corak banten. Batik ini kaya akan muatan filosofi yang mengandung arti dalam setiap motif yang diambil dari toponim.
Batik banten memiliki identitas tell story (motif bercerita) meiliki khas tersendiri. Beberapa motif batik diambil dari benda-benda sejarah (artefak), gerabah, dan nama-nama panembahan kerajaan Banten seperti Aryamandalika, Sakingking, dan lain sebagainya. Pada setiap batik banten mengandung warna abu-abu yang mencerminkan daerah Banten.
     Kini batik banten justru kurang familiar ditelinga masyarakat Indonesia disbanding batik dari daerah lainnya. Kepopuleran batik banten kian menyusut dengan adanya globalisasi, serta pemahaman dan pengetahuan masyarakat yang kurang. Kami pun menyusun makalah ini bertujuan untuk mengenal serta memahami secara mendalam tentang sejarah dan keragaman  batik banten. Tugas mempopulerkan batik banten merupakan kewajiban kita semua, khususnya masyarakat banten, agar suatu hari nanti anak cucu kita akan memahami serta menjaga kelestarian batik banten sebagai salah satu warisan budaya yang tak lekang dimakan zaman.

1 komentar:

Nedzork mengatakan...

batik banten

Posting Komentar