Rabu, 19 Desember 2012

Implementasi Nilai Nilai Pancasila di UPI Kampus Serang


Di dalam pendidikan UPI Kampus Serang juga banyak menanamkan nilai-nilai dari sila pancasila. Berikut ini terdapat beberapa implementasi nilai-nilai pancasila di UPI Kampus Serang.
1.      Implementasi sila Ketuhanan
Ilmiah, edukatif, dan religius, itulah moto Universitas Pendidikan Indonesia. Untuk menciptakan mahasiswa yang tidak hanya ilmiah dan edukatif saja namun juga religius dalam pelaksanaan sila Ketuhanan di UPI Kampus Serang adalah dengan adanya masjid di UPI Kampus Serang yang dapat digunakan oleh seluruh warga UPI Kampus Serang atau dari luar wilayah UPI Kampus Serang untuk beribadah setiap hari.
Selain itu penerapan sila Ketuhanan juga tercermin dari kegiatan-kegiatan mahasiswa yang membentuk suatu UKM seperti Kammi, GMPM dan UKM lain yang tidak saya ketahui lainnya dimana UKM tersebut sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk menambah wawasan mengenai agama Islam.
Contoh lain dari implikasi sila Ketuhanan tersebut adalah diwajibkannya bagi seluruh mahasiswa baru untuk mengikuti tutorial keagamaan khususnya bagi mahasiswa Muslim dimana kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memenuhi mata kuliah keagamaan di UPI Kampus Serang.
Kemudian menurut cerita dari teman saya, di UPI Kampus Serang juga melaksanakan pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari selasa malam. Pengajian tersebut diikuti oleh anak-anak asrama dan mahasiswa lainnya yang ingin mengikuti pengajian tersebut.
2.      Implementasi sila kemanusiaan
Di UPI Kampus serang, setiap mahasiswa diajarkan untuk berperi kemanusiaan. Pengajaran tersebut dimaksudkan agar nanti mahasiswanya kelak ketika menjadi guru dapat memanusiakan manusia dengan rasa kemanusiaan.
Namun sebelum terjun langsung dalam dunia pendidikan mahasiswa banyak menerapkan sila kemanusiaan ini di kampus. Contohnya adalah adanya kegiatan bakti sosial untuk membantu warganya yang kurang mampu. Selain itu di UPI Kampus Serang untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan ini, terdapat juga UKM yang yang bernama KSR yang bekerja sama dengan PMI yang secara sukarela mau membantu orang yang membutuhkan terutama masalah medis.
3.      Implementasi sila persatuan
Implementasi nilai persatuan pancasila di UPI Kampus Serang ini terlihat dengan datangnya mahasiswa-mahasiswa dari berbagai daerah, bahasa, kebudayaan serta watak yang berbeda. Namun dari perbedaan tersebut ada yang menyatukan kita, yaitu tujuan kita kuliah di UPI Kampus Serang.
Penerapan lain dari sila persatuan ini adalah dimana saat mata kuliah PKn pada semester ini berlangsung. Dimana kita sebagai mahasiswa menggunakan identitas sesuai dengan kelas kita yang menandakan adanya persatuan diantara kita. Bukan hanya dalam kelas, namun juga kita sebagai mahasiswa juga dipersatukan dengan diseragamkan dengan menggukan batik dan sepatu pantofel.
UKM-UKM juga menunjukkan dimana adanya persatuan di antara mahasiswanya. Melalui kegiatan dalam UKM mahasiswa memiliki tujuan dan bersatu dalam memajukan UKM yang diikutinya. Melalui kegiatan UKM ini juga mahasiswa menjalin rasa kebersamaan dan gotong royong sebagai bukti dari perwujudan sila persatuan.
4.      Implementasi sila kerakyatan
Implementasi nilai kerakyatan di UPI Kampus Serang ini diwujudkan melalui demokrasi dan musyawarah. Perwujudan demokrasi dalam sila ini adalah dimana diadakannya pemilihan KM, ketua BEM, ketua UKM, dan sebagainya melalui suatu pemilihan atau suatu musyawarah bersama.
Implementasi lain yang dilakukan di UPI Kampus Serang ini adalah saat dosen membiasakan mahasiswanya untuk bermusyawarah melalui suatu diskusi. Dari diskusi tersebut kita sebagai mahasiswa diajarkan untuk berpendapat dan menerima pendapat teman. Dari diskusi itu juga diharapkan kita dapat menemukan keputusan bulat dan pemecahan yang efektif untuk masalah yang dipertanyakan.
Di dalam kelas kita juga sebagai mahasiswa dibebaskan untuk membentuk kelompok sendiri ketika diberi tugas kelompok. Namun dalam kelas saya, kelompok tidak ditentukan sendiri, namun diputuskan bersama dengan teman lainnya. Pembagian kelompok dilakukan dengan berbagai cara agar adil dan sesuai dengan keputusan bersama.

5.      Implementasi sila keadilan
Implementasi sila keadilan juga ada di UPI Kampus Serang. Contohnya adalah dimana kita sebagai mahasiswa diperlakukan sama oleh dosen kita. Dosen tidak membedakan kita apakah kita seorang mahasiswa SNMPTN, UM, bidik misi, maupun mahasiswa penerima beasiswa lain. Di sini kita tidak dibedakan oleh dosen kita.
Penilaian yang diberikan dosen juga sesuai dengan kemampuan kita, bukan karena kita berasal dari mahasiswa reguler atau mahasiswa penerima beasiswa. Peraturan yang diberikan oleh dosen dan kriteria nilai yang diberikan oleh dosen pun sama kepada setiap mahasiswa dan tidak dibeda-bedakan satu dengan yang lainnya. Itulah perwujudan dari sila keadilan di UPI Kampus Serang.

0 komentar:

Posting Komentar