Rabu, 19 Desember 2012

Pancasila Sebagai Ideologi Terbaik di Indonesia

Pancasila merupakan dasar negara yang menggambarkan tujuan negara Republik Indonesia. Proses perwujudan dalam pencapaian tujuan tersebut melalui perencanaan, kebijaksanaan, dan keputusan politik yang harus memperhatikan nilai-nilai kandungan pancasila.
Pancasila merupakan ideologi yang terbaik yang tepat untuk bangsa indonesia dalam berbagai aspek, seperti:
1.      Aspek Politik (hubungan negara dan warga negara)
a.       Ideologi Liberalisme
Dalam liberalisme kebebasan individu sangat menonjol, adanya partai oposisi yang tugasnya mengawasi dan mengevaluasi pemerintah (partai yang berkuasa). Liberalisme lebih mementingkan kebebasan bertindak bagi rakyatnya asalkan tidak melanggar hukum. Kepentingan negara pun dikesampingkan.
b.      Ideologi Komunis
Ideologi Komunis ini lebih mengutamakan kepentingan negara daripada individu. Kebebasan rakyat menjadi terkekang.
c.       Ideologi Pancasila
Dalam ideologi pancasila kepentingan negara dan warga negaranya berjalan seimbang, sehingga tidak ada yang merasa lebih menonjol. Kepentingan negara dan warga negaranya sama-sama dipentingkan.
2.      Aspek Agama (hubungan negara dengan agama)
a.       Ideologi Liberalisme
Urusan agama dan negara tidak ada kaitannya. Warga negara dibebaskan untuk beragama atau tidak beragama.  Negara tidak ikut campur tangan dalam urusan agama dan urusan agama diserahkan kepada masing-masing pribadi dan lembaga yang ada.
b.      Ideologi komunis
Sama halnya dengan ideologi liberalisme, ideologi komunis juga memisahkan kehidupan agama dan negara, bahkan warganya dibebaskan untuk berpropaganda atau anti agama.
c.       Ideologi Pancasila
Dalam ideologi pancasila setiap warga negara dibebaskan memilih satu agama, sesuai sila pertama pancasila. Dan setiap orang diharuskan untuk beragama.
3.      Pendidikan (tujuan pendidikan)
a.       Ideologi liberalisme
Tujuan pendidikan dalam liberalisme bertujuan untuk pengembangan demokrasi.
b.      Ideologi kapitalis
Pendidikan dalam kapitalis dimaksudkan untuk warga negara agar senantiasa patuh dan taat terhadap perintah negara.
c.       Ideologi pancasila
Pendidikan dimaksudkan untuk membentuk pribadi manusia agar berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
4.      Ekonomi (sistem perekonomian )
a.       Ideologi liberalisme
Sistem ekonomi pada ideologi liberal menganut kapitalis yaitu usaha bidang perekonomian diserahkan kepada perseorangan. Sistem ekonomi tersebut memberikan kemerdekaan dan kekayaan pada kelompok kecil masyarakat saja tidak mencakup semua rakyat.
b.      Ideologi kapitalis
Sistem ekonomi terpusat pada negara, sehingga tidak memberikan kesejahteraan pada rakyat umumnya karena mengabaikan hak asasi manusia.
c.       Ideologi pancasila
Sistem perekonomian pancasila memperhatikan beberapa prinsip, yaitu prinsip kemanusiaan, nasionalis, demokrasi ekonomi yang diwujudkan dalam ekonomi kerakyatan dan keadilan

0 komentar:

Posting Komentar