Rabu, 19 Desember 2012

Demokrasi

Bicara mengenai demokrasi pasti yang teringat adalah kesejahteraan rakyat. Ya kesejahteraan rakyat merupakan substansi dari demokrasi tersebut. Pelaksanaan demokrasi tidak hanya mengenai pemilihan umum saja namun seiring perkembangannya demokrasi mencakup segala aspek mengenai rakyat. 
Namun apa yang jadi permasalahan dalam demokrasi tersebut rakyat  masih kurang berperan aktif untuk mencapai negara yang demokratis. Apa sebenarnya demokrasi itu dan apakah demokrasi itu merupakan sistem pemerintahan yang paling baik karena melibatkan seluruh rakyat. 
Indonesia adalah negara demokrasi. Setiap warga negara memiliki hak yang sama dan perlakuan yang sama di dalam hukum. Untuk itu sebagai warga negara yang baik kita harus turut aktif berpartisipasi dalam pemerintahan. Melalui hal sederhana seperti pemilu kita juga sudah berperan dalam pemerintahan.
Pilihan kita akan menentukan kualitas kehidupan masyarakat nantinya. Pemilihan pemimpin yang tepat akan memberikan kebanggaan tersendiri kepada kita. Suara yang kita aspirasikan juga akan sangat bermanfaat untuk kepentingan orang lain. Mungkin memang tidak begitu kita rasakan. Pemimpin yang kita pilih nantinya akan memiliki tanggung jawab yang dan merasa dipercaya oleh kita.
Dengan adanya demokrasi ini diharapkan kesejahteraan dapat tercapai oleh masyarakat Indonesia. Kita sebagai warganegara juga perlu berpartisipasi dalam mencapai kesejahteraan yang diinginkan semua warga negara Indonesia.
Dari demokrasi ini semoga kita sebagai rakyat Indonesia yang menerapkan demokrasi tergugah untuk tidak hanya berpendapat tanpa melakukan kegiatan yang secara nyata mampu mensejahterakan rakyat. Untuk itu kita sebagai calon guru harus belajar dengan baik agar kelak menjadi guru yang profesional dan mampu mencerdaskan bangsa agar rakyat mampu sejahtera.
Melalui pendidikan sebagai calon guru harus berusaha agar pendidikan di Indonesia menjadi maju dan berkembang. Untuk mencapai masyarakat yang sejahtera diperlukan pengetahuan agar dapat bersaing mengikuti perkembangan dunia. Dan mampu menghadapi masalah-masalah yang senantiasa terjadi dalam kehidupan.