Rabu, 19 Desember 2012

Ideologi Bangsa Indonesia

Suatu ideologi sangat penting bagi suatu negara agar negara tersebut dapat berdiri kokoh dan kuat, sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh persoalan bangsa yang terus menerus terjadi. Tanpa ideologi tersebut, negara akan kehilangan jati diri dan bingung dalam menentukan arah tujuan hidupnya.
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang menjunjung nilai-nilai. Nilai-nilai tersebut kemudian dirumuskan dalam sebuah gagasan yang kemudian melahirkan pancasila. Pancasila sebagai buah hasil pemikiran bangsa indonesia ini mencerminkan kepribadiannya. Untuk itu pancasila yang merupakan dasar bangsa Indonesia juga dijadikan ideologi bagi bangsa indonesia dalam mengambil keputusan. 
Pancasila mengandung nilai-nilai moral yang baik dan benar dan bersifat terbuka. Ideologi pancasila sangat sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia yang menjunjung nilai.
Karakteristik pancasila sesuai dengan karakteristik masyarakatnya. Pancasila memiliki lima nilai yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Kelima sila tersebut merupakan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia.
Dalam keterbukaan pancasila harus memperhatikan batasan-batasan yang ada agar nantinya tidak melenceng dari tujuan yang telah disepakati bersama. Karena pancasila merupakan ideologi nasional yang dimiliki bersama baik rakyat dan pemerintahnya. 
Dengan adanya ideologi pancasila ini diharapkan kita sebagai warga negara Indonesia memiliki landasan dan tujuan yang jelas dalam kehidupan sehari-hari. Melalui sila-sila yang mengandung nilai-nilai kebenaran diharapkan kita menjadi pribadi yang lebih baik dan bermoral serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 
Dalam pengaplikasian ideologi pancasila diharapkan agar sesuai dengan batasan-batasan yang ada. Dengan berlandaskan ideologi pancasila semoga dapat memajukan pendidikan di Indonesia dan mencerdaskan bangsa Indonesia.