Rabu, 19 Desember 2012

Pengembangan Demokrasi

Demokrasi saat ini bukan hanya kekuasaan rakyat yang melakukan pemilihan umum. Namun dalam pengembangannya demokrasi menjadi lebih luas dan diterapkan dalam berbagai kehidupan masyarakat seperti dalam bidang ekonomi, pendidikan, social dan budaya, dan bidang kemasyarakatan yang lainnya.
Jadi demokrasi tidak hanya diterapkan dalam kehidupan bernegara namun dalam pengembangannya demokrasi juga diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Kehidupan yang demokratis adalah kehidupan yang melibatkan partisipasi rakyat dan ditujukan untuk kepentingan rakyat. Dalam pelaksanaanya demokrasi dikembangkan dalam berbagai hal. Demokrasi dikembangkan menjadi segala hal yang menyangkut kekuasaan yang diperuntukkan untuk rakyat. Salah satu pengembangan demokrasi adalah:
1.      Bentuk Pemerintahan
Seperti yang telah dibahas dalam makna demokrasi, demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan yang dipegang dan dijalankan oleh rakyat serta pemerintahan dilakukan untuk rakyat.
Bentuk pemerintahan demokrasi ini adalah bentuk pemerintahan yang baik selain bentuk pemerintahan monarki dan aristokrasi. Karena pemerintahan mengutamakan kesejahteraan semua rakyat bukan hanya untuk kepentingan kelompok sendiri dan kepentingan pribadi.
2.      Sistem Politik
Menurut Hendry B. Mayor dan Samuel Huntington demokrasi merupakan suatu sistem politik. Demokrasi adalah sistem politik yang mengambil keputusan berdasarkan suara mayoritas rakyatnya. Di Indonesia sistem politik demokrasinya adalah pancasila.